Muhibbah Safari Lima Kota dalam rangka Sosialisasi Jatim Art Forum dan Mencari Sosok Inspirator Seni Rupa Jawa Timur

(Departemen Seni Rupa)

Surabaya, Tuban, Batu, Tulungagung, dan Jember. 

Dewan Kesenian Jawa Timur (DKJT) melalui Departemen Seni Rupa melakukan sosialisasi ke beberapa kota di Jawa Timur sebagai upaya menyukseskan kegiatan Jatim Art Forum 2021.

Kegiatan ini juga menjadi sarana silaturrahmi antara komunitas seni rupa yang telah dijadikan sasaran sosialisasi event Jatim Art Forum 2021.

Jatim Art Forum 2021 diselenggarakan dengan harapan memasyarakatkan dan memajukan seni rupa. Acara ini rencananya akan digelar pada bulan Oktober 2021.

Salah satu kegiatan dalam event ini adalah menyelenggarakan pameran yang bisa dinikmati oleh penikmat seni rupa dan masyarakat luas pada umumnya.

Tema yang diusung dalam Jatim Art Forum yaitu “Tumbuh Bersama”. Semangat yang diusung adalah tumbuhnya formulasi strategi dan menemukan pola baru dalam praktek kesenian baru menggunakan media digital di era pasca new normal.

Formulasi ini penting karena disrupsi media ini berpotensi mengubah cara berkesenian hingga mampu melampaui normalitas estetika maupun artistika. 

Selain melakukan pameran seni, Departemen Seni Rupa juga menggelar FGD (Focus Group Discussion atau diskusi grup terpadu).

Sepanjang Mei hingga Juni 2021, Departemen Seni Rupa telah menggelar muhibah safari lima kota , antara lain: Kota Surabaya, Kabupaten Tuban, Kota Batu, Kabupaten Tulungagung, dan Kabupaten Pasuruan

“Pameran Seni Rupa SOSOK INSPIRATOR,” dipilih sebagai tema dalam kegiatan pameran Seni Rupa. Meski bertajuk pameran seni rupa, kegiatan ini juga akan menggelar jenis kesenian lainnya seperti tari, musik, film, teater dan sastra. Kolaborasi berbagai seni merupakan yang pertama kali dan diimplementasikan di Jatim Art Forum 2021.

Dari sekian banyak seniman yang mendaftar dari kelima kota yang menjadi sasaran kegiatan,  Departemen Seni Rupa DKJT mengambil keputusan bahwa sembilan seniman terpilih di bawah ini menampilkan karyanya dalam Jatim Art Forum 2021, antara lain:

1. Koeboe Sarawan (Batu)

2. Joko Pramono (Gresik)

3. Joni Ramlan (Mojokerto)

4. 5. Wahyu Nugroho (Pasuruan)

5. Garis Edelweis (Pasuruan)

6. Widji Paminto Rahayu (Tulungagung)

7. Asri Nugroho (Surabaya)

8. Lini Natalini (Surabaya)

9. Benny Wicaksono (Surabaya)

Event Jatim Forum 2021 juga melibatkan berbagai komunitas seni yang berada di wilayah Jatim. Dua diantaranya Komunitas Serbuk Kayu dan Kecoa Timur (Surabaya) dan Komunitas Prewangan. Sementara itu, Hadi Prayitno (Surabaya) menjadi kurator yang mewakili DKJT

Pelibatan berbagai komunitas ini sejalan dengan semangat yang diusung oleh DKJT, yaitu tumbuhnya semangat berkesenian di Jawa Timur.

Kegiatan Jatim Art Forum 2021 juga menjadi ikhtiar para pelaku seni yang tergabung dalam kepengurusan DJKT untuk memberikan sumbangsih bagi kemajuan kesenian dan melestarikan nilai-nilai budaya di Jawa Timur.