Canda Cakrawala Inisiasi BEM FISIP Dalam Pagelaran Kesenian dan Kebudayaan

Badan Eksekutif Mahasiwa Fakulatas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga (BEM FISIP UNAIR) menggelar Canda Cakrawala 2021, serangkai agenda hybrid berupa perhelatan kesenian dan kebudayaan oleh seniman, musisi lokal, masyarakat umum, dan warga FISIP UNAIR. Ditambah dengan perlombaan Festival Seni dan Budaya, Branding UMKM, Talkshow UMKM, dan juga konten-konten kreatif terkait kesenian dan kebudayaan di Balai Pemuda, Surabaya, Senin (20/12).

Dengan mengangkat tema “Canda Cakrawala Abhyarcana”, panitia berharap bahwa ajang yang kegiatan ini dapat melestarikan dan mendekatkan seni musik, tari, dan peran tradisional Jawa Timur pada generasi muda, serta sebagai sarana untuk menyalurkan hobi, minat dan bakat dalam upaya pelestarian kesenian daerah

Presiden BEM FISIP UNAIR, Yoga Haryo mengatakan Candra Cakrawala merupakan aktualisasi dari Trisakti, yang merupakan gagasan Soekarno, agar bisa terlibat dalam pembangunan nasional.

“Mengingat Trisakti Bung Karno, berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, berkepribadian dalam kebudayaan, BEM FISIP berkomitmen untuk ikut serta dalam pembangunan nasional melalui apresiasi bagi pegiat kesenian lokal,” ungkapnya dalam sambutan pembukaan.

“Langkah ini sebagai pembangunan kepribadian bangsa yang lebih maju,” tambah mahasiswa Sosiologi angkatan 2018 tersebut.

Selain apresiasi terhadap kesenian dan kebudayaan, Candra Cakrawala juga menggaungkan gerakan dukung UMKM. Menurutnya, aksi kecil ini mampu mendatangkan aksi-aksi besar.

“Explore UMKM merupakan suatu strategi digital marketing untuk membantu UMKM di lingkungan Universitas Airlangga agar bisa memperkenalkan produknya lebih luas lagi. Kegiatan dalam acara ini antara lain, konten-konten kreatif seputar bisnis lokal, Branding UMKM, dan Talkshow UMKM. Dalam kegiatan ini, diharapkan para peserta dan penonton yang terlibat dapat mengikuti serta memahami makna pentingnya seni dan budaya, prestasinya, serta halhal yang berkaitan dengan bagaimana hidup berdampingan dalam situasi dan kondisi yang beragam di Indonesia ini, serta dapat selalu berkarya meskipun dalam masa pandemi COVID-19.,” tandasnya.

Acara Canda Cakrawala 2021 ini terdiri dari beberapa rangkaian acara yang berhubungan dengan seni dan kebudayaan, yaitu Festival Seni dan Budaya, Explore UMKM, dan Malam Puncak. Festival Seni dan Budaya merupakan suatu perlombaan daring yang meliputi lomba fotografi, band, tari kreasi, dan seni vokal solo/ grup

Turut Hadir UPT Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Surabaya, Dekan FISIP Unair dan jajarannya, Presiden BEM Fakultas se-Unair, serta seluruh mahasiswa Unair.