Pelantikan Dewan Kesenian Kabupaten Malang Berlangsung Khidmat

Setelah sempat tertunda akibat pandemi, pelantikan pengurus Dewan Kesenian Kabupaten Malang akhirnya dilaksanakan juga. Kemarin, Kamis (26/05/2022) acara pengukuhan tersebut digelar. Acara yang berlangsung khidmat tersebut dihadiri para undangan dan anggota DKKM. Sebanyak 29 anggota yang dikukuhkan siang itu.

Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Malang, Suroso mengatakan pengukuhan ini merupakan langkah awal membangun lagi semangat yang sempat tertunda akbat pandemi. “Dalam acara kemarin kami juga sekaligus melakukan Raker tahunan untuk menyusun perencanaan kegiatan setahun ke depan,” ungkapnya secara terpisah.

Tambahnya pula ada beberapa goal yang nantinya harus dicapai di antaranya, penyusunan buku materi ajar muatan lokal berbasis seni dan budaya tradisi Kabupaten Malang dalam kurikulum, melaksakan musrenbang tematik bidang kebudayaan, pembinaan sanggar, padepokan, paguyuban dan komunitas seni budaya dan banyak lagi. Selain itu, tahun ini ungkap Suroso, pengadaan sarpras akan lebih didahulukan. Seperti membangun gedung sekretariatan dan gedung kesenian. “Kami sudah menyampaikan ke Dinas serta Dewan, dan sudah mendapat persetujuan, jadi tinggal merealisasikan. Semoga ini menjadi penyemangat bagi pengurus masa bakti 2021-2026,” tegas seniman Seni Pertunjukan ini.

Sementara M.Nor Muhlas, perwakilan dari Dewan Kesenian Jawa Timur, juga memberi dukungan moril atas pengukuhan pengurus DKKM tersebut. “Saya yakin DKKM akan mampu memberi kontribusi besar terhadap kemajuan seni budaya di Jawa Timur. Bisa bersinergi dengan baik, karena Kabupaten dan Kota merupakan garda terdepan demi terwujudnya kemajuan kesenian,” jelasnya.