Dewan Kesenian Jawa Timur (DKJT) Mendapat Kesempatan Sumbang Pendapat ke Komisi X, DPR RI

Pada Jumat (17/02) 2023, Kunjungan Kerja DPR RI Komisi X yang membidangi pendidikan, olahraga dan kebudayaan ke Provinsi Jawa Timur telah berlangsung di ruang Hayam Wuruk, Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur. Acara tersebut merupakan gelar dengar pendapat terkait bidang kerjanya.

Dalam kesempatan tersebut, hal penting yang masih terkait dengan pendidikan adalah dukungan cagar budaya. Dalam hal ini, Kemendikbudristek bekerja sama dengan Dirjen Kebudayaan untuk membahas lebih lanjut mengenai dukungan cagar budaya.

Sementara itu, Dewan Kesenian Jawa Timur yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan beberapa masukan, terutama terkait kelanjutan PPKD (Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah). Hal ini terkait dengan Undang-Undang No 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan yang harus mendapatkan kejelasan.

Point kedua yang menjadi fokus Dewan Kesenian Jawa Timur adalah keberadaan Dewan Kebudayaan Daerah yang membuat posisi Dewan Kesenian di tingkat kota, kabupaten, dan provinsi menjadi rancu.

Dalam kesempatan tersebut, Dewan Kesenian Jawa Timur berharap dapat menjadi mitra pemerintah pusat, khususnya Komisi X DPR RI. Diharapkan kunjungan kerja ini dapat membawa dampak positif bagi perkembangan pendidikan, olahraga, dan kebudayaan di Provinsi Jawa Timur.