Diskusi Kelompok Terpumpun (FGD) Dewan Kesenian Jawa Timur: “Quo Vadis Pemajuan Kebudayaan di Jawa Timur?”

FGD yang diselenggarakan di Ruang Rapat DKJT ini dihadiri oleh Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur dan Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI Kemdikbudristek RI Endah Budi Heryani, S.S., M.M. membahas mengenai progres kebijakan-kebijakan strategis sekaligus pengusulan Raperda tentang Pelembagaan Kesenian di Jawa Timur. Selain itu, hadir pula akademisi yang terdiri dari Probo Darono Yakti, M.Hub.Int. (UNAIR) yang memberikan pengantar dalam diskusi. Kemudian juga diwarnai dengan akademisi yang berperan sebagai panelis seperti Dr. R. Djoko Prakosa (STKW), dan Dr. M. Dwi Cahyono (UINSATU).

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Departemen Litbang dan diketuai oleh Edy Kisworo tersebut, dipaparkan sejumlah gagasan dan temuan empiris terkait dengan dua isu utama: (1) Progres penyusunan PPKD yang sedianya akan diperbarui lima tahunan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur; dan (2) Progres pengusulan Raperda Kelembagaan Kesenian.

Moderator Endin Didik Handoko kemudian merumuskan hasil rapat dengan memberikan perhatian khusus pada praktik-praktik di kabupaten/kota yang harus berjalan sinergis di provinsi. Termasuk memberi perhatian khusus pada otonomi daerah sehingga dalam koridor kelembagaan seni yang ada, pemerintah dapat melibatkan DKJT sebagai salah satu stakeholder terpenting dalam pemajuan kebudayaan. Terutama sekali peran DKJT sebagai lembaga representasi seniman Jawa Timur.

#dewankesenianjawatimur #departemenpenelitian&pengembangan #departementari #departememusik #departementeater #departemenfilm #departemensastra #departemenrupa #fgd #pemajuankebudayaan