Jangka Kebudayaan : Tema Besar Jatim Art Forum Tahun Ini

Memasuki akhir tahun 2023 ini, seperti tahun sebelumnya, tibalah Dewan Kesenian Jawa Timur menggelar perhelatan besar yang sudah menjadi agenda tahunan. Yakni Jatim Art Forum. Kali ini, perhelatan besar ini dilaksanakan di Taman Krida Budaya, di Kota Malang.

Acara yang digelar selama empat hari ini, mengambil tema Jangka Kebudayaan. Alasan untuk membuat tema ini, karena Jangka adalah pengetahuan tertinggi berbasiskan spiritualitas dan religiusitas. Dalam sejarah kebudayaan dan peradaban spiritual-religius Jawa Timur maka fenomena “jangka” dari Kediri patutlah dijadikan prasasti filosofis penting yang perlu diapresiasi dan dijadikan inspirasi pengembangan dan pemberdayaan kebudayaan di Jawa Timur. Hadir dalam pembukaan tersebut sekaligus yang membuka acara tersebut,  Drs.Benny Sampirwanto, M.Si, Asisten I Sekertariat Provinsi Jawa Timur.

Dalam kesempatan malam itu, Benny menyampaikan apresiasinya untuk pelaksanaan JAF 2023. “Saya bangga dengan pelaksaan Jatim Art Forum tahun ini, karena memberikan nuansa yang berbeda dari tahun sebelumnya. Harapan saya untuk kegiatan berikutnya bdi tahun-tahun ke depan, akan lebih baik,” urainya dalam pembukaan.

Pembukaan tersebut semakin lengkap dengan hadirnya seniman senior di Kota Malang, Ketua Dewan Kesenian Malang, Pamong Budaya Provinsi serta pecinta kesenian dari berbagai komunitas.

Acara semakin semarak ketika penampilan peertama disajikan oleh penyaji musik, Aeng Tongtong dari Surakarta, disusul dengan penampilan musik yang kedua yakni Ali Gardy Rukmana dari Situbondo. Aransemen musik dari beberapa komposisi yang disajikan oleh dua penyaji musik tersebut cukup memukau perhatian penonton yang memenuhi pendapa Taman Krida malam itu.

Penampilan berikutnya yakni dari tiga sanggar tari, mereka adalah Ginaris Art Indonesia asal Kabupaten Malang yang menampilkan tarian dengan judul Tari Topeng Kurung, Sanggar Tari Darma Budaya asal Kota Pasuruan yang menampilkan Tari Gatra Paravan dan Sanggar Tari Bunda Raka Kinarya asal Kabupaten Tulungagung dengan judul Tari Goer.

Semua penampilan dalam pembukaan tersebut mendapat apresiasi yang cukup baik dari para penonton yang hadir. *ayn

Drs.Benny Sampirwanto,M.Si. Asisten I Sekretariat Provinsi Jawa Timur saat membuka acara JAF 2023.