Fasilitasi Kesenian Komunal Tahap 1

(Badan Pengurus Harian)

Keterangan Press pada Senin 09 Agustus 2021, di Ruang Rapat Dewan Kesenian Jawa Timur

Dewan Kesenian Jawa Timur (DKJT) memfasilitasi komunitas, lembaga atau sanggar untuk terus berkarya pada kegiatan kesenian baik berupa diskusi, pameran, pemutaran film, pertunjukan kesenian dan lain sebagainya.

Fasilitas ini DKJT siapkan berupa subsidi untuk mengasah dan menampilkan karya mereka. Pada tahap pertama tahun 2021, Subsidi ini diperuntukkan bagi tiga komunitas, Lembaga atau sanggar.

Untuk itu bagi komunitas, lembaga atau sanggar yang ingin menerima bantuan program fasilitasi komunal ini harus mengirimkan proposal kegiatan kepada Kesekretariatan DKJT. Dan kemudian akan diseleksi dan dikurasi kembali oleh team internal dari DKJT yang terdiri dari perwakilan Departemen dan Badan Pengurus Harian.

Subsidi ini langsung ditranfer ke rekening komunitas, lembaga, atau sanggar seni terpilih untuk digunakan sebaik-baiknya.

Dalam kesempatan ini, DKJT sudah memilih tiga komunitas dianggap memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh team internal DKJT. Seperti memenuhi kreatif, inovatif dan produktif serta tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip berkesenian.

Tiga penerima program fasilitasi kesenian komunal ini diantaranya adalah Komunitas Aksara Pesisir dari Lamongan.

Komunitas ini merupakan rumah pembudayaan kegemaran membaca masyarakat yang dinaungi oleh sebuah organisasi Paguyuban Perau yang ada di desa Weru Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan.

Yang kedua ada Loste Production yang merupakan rumah produksi untuk penciptaan film, video seni, seni visual, dan seni media baru yang berdiri sejak tahun 2010 dan diinisiasi oleh Sito Fossy Biosa. Loste Production Forum menjadi wadah bagi para sineas dan pegiat film untuk berdiskusi, bertukar pikiran dan gagasan serta berbagi jaringan.

Dan terakhir yang mendapatkan subsidi dari DKJT yakni Malang Performance art Community. Komunitas seni pertunjukan yang berasal dari Kota Malang Jawa Timur.

komunitas ini terdiri dari seniman lintas bidang seni mulai dari musik, seni rupa, teater, tari bahkan film dan sastra. Malang Performance Community mendapatkan fasilitasi kesenian komunal dari Dewan Kesenian Jawa Timur untuk mengadakan kegiatan Performance Art Update yang dilaksanakan pada 8 Agustus 2021 di Semeru gallery n café Kota Malang.

Sekjend DKJT, Chrisman Hadi berharap dengan adanya program tersebut bisa meningkatkan kualitas pembinaan dan pengembangan seni dan budaya untuk mendorong pengembangan kreativitas seni di Jawa Timur.

“Selain itu melalui program Fasilitasi Kesenian Komunal ini Dewan Kesenian Jawa Timur berharap mendapatkan masukan ide, wacana, dan gagasan baru dari komunitas, lembaga, dan sanggar seni agar nantinya Dewan Kesenian Jawa Timur lebih punya strategi, energi dan amunisi yang kuat di dalam memajukan kesenian dan kebudayaan di Jawa Timur,” kata Chrisman.