Seleksi Karya Maestro (Kegiatan Pra Jatim Art Forum)

Departemen Tari

Jum’at-Sabtu 18-19 Juni 2021 Patria Plaza Hotel Blitar Kota Blitar

Departemen Tari Dewan Kesenian Jawa Timur (DKJT) adakan persiapan karya terbaik jelang acara Jatim Art Forum “Tumbuh Bersama”. Sebuah event kesenian besar di Jawa Timur yang akan diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Jawa Timur (DKJT).

Bertajuk “Tumbuh Bersama”, event tersebut rencananya akan diselenggarakan selama 6 hari melalui kegiatan Jatim Art Forum yang bertepat di Area Taman Budaya dan Gedung Cak Durasim Surabaya.

Untuk itu, Dewan Kesenian Jawa Timur (DKJT) menjaring seluruh karya dari Jawa Timur untuk dipilah dan dipilih sebagai persembahan terbaik dalam puncak acara nanti.

Namun sebelum acara tersebut secara resmi diselenggarakan, akan terdapat beberapa tahap kualifikasi atau penyeleksian karya peserta.

Seleksi sudah dilakukan pada 18 hingga 19 Juni 2021 lalu diikuti oleh berbagai sanggar tari serta berbagai komunitas tari di Jawa Timur.

Pihak Departemen Tari DKJT menghadirkan beberapa juri yang berkompeten serta berpengalaman dalam bidang tari untuk menjadi juri dalam penyeleksian karya peserta tersebut.

Kemudian pada tanggal 19 Juni, hasil penyeleksian karya telah diketahui dan siap untuk diumumkan dengan acara “Tumbuh Kembang Bersama Koregrafer Sejawa Timur” bertepat di Patria Plaza Hotel Blitar.

Untuk dua karya yang dinyatakan sebagai karya terbaik jatuh kepada Sanggar Tari Diamon Art Performance dan Sanggar Ande Ande Lumut.

Kedepannya kedua sanggar ini kemudian akan langsung dimonitori oleh Departemen Tari DKJT terkait dengan upaya untuk lebih meningkatkan kualitas SDM hingga implementasi konsep yang mereka miliki.

Sebagaimana kebijakan pemerintah dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, Departemen Tari DKJT merasa bahwa itu adalah tanggung jawab mereka untuk bisa membina sanggar-sanggar terpilih tersebut.

Untuk rencana selanjutnya setelah seluruh proses monitoring dari Departemen Tari DKJT telah usai, kedua sanggar terpilih tadi akan dipentaskan dalam puncak acara Jatim Art Forum “Tumbuh Bersama”.